Selasa, 08 Mei 2012


DEFINISI WIRAUSAHA MENURUT PARA AHLI

Seiring perkembangan jaman,dunia entreperenur mulai berkembang di Indonesia, karena adanya kesadaran untuk memenuhi tuntutan kebutuhan hidup seseorang untuk lebih baik,berbeda dengan beberapa tahun yang lalu dimana masyarakat indonesia masih memandang wirausaha atau berbisnis hanya sebelah mata,mereka lebih memilih bekerja di pabrik ataupun menjadi karyawan di kantor.Akan tetapi persepsi tentang wirausaha kini sudah mulai berubah,dimana dulu masih dipandang hanya sebelah mata kini mulai banyak orang yang menjalani profesi sebagai seorang wirausaha.Bahkan kaum pekerja profesional yang dulunya bekerja di kantor-kantor mulai pindah profesi menjadi seorang pengusaha.
Ketika kita mendengar kata “entrepreneur”, pada umumnya akan  diasosiasikan dengan bisnis atau memulai bisnis. Kata entrepreneur  berasal dari bahasa Perancis dan mulai dikenal dalam kosa kata bisnis Perancis pada sekitar permulaan abad ke 17 atau 18. Dalam bahasa Perancis, kata itu berarti “mengelola”, bukan “pengelola”, atau secara harfiah berarti “orang yang mengelola suatu aktifitas”. Lebih spesifik lagi, entrepreneur adalah istilah bagi mereka yang melakukan aktifitas bisnis yang baru atau dengan cara baru dalam rangka pengembangan perekonomian.( http://biteentre.wordpress.com).
Istilah “entrepreneurship” di Indonesia sering disebut dengan “wirausaha” yaitu suatu kegiatan yang berkaitan erat dengan bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dimana bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi maupun sosial seseorang yang akan tercipta beberapa lapangan kerja yang dapat mengurangi angka pengangguran,sehingga akan terjadi hubungan simbiosis mutualisme antara pengusaha dan orang yang bekerja padanya.
Sedangkan definisi tentang entrepreneur atau wirausaha sangat beragam dan kompleks menurut para ahli di bidangnya.Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai wirausaha:
1.      Peter F Drucker wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).
2.      Thomas W Zimmer wirausaha adalah suatu penerapan kreatifitas dan inovasi untuk menyelesaikan suatu masalah dan upaya untuk memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
3.      Andrew J Durbin seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.
4.      Raymond W.Y Kao wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.
5.      Syamsudin Suryana wirausaha adalah seorang yang memiliki karakteristik percaya diri,berorientasi pada tugas dan hasil,pengambil resiko yang wajar ,kepemimpinan yang lugas,kreatif menghasilkan inovasi,serta berorientasi pada masa depan.
6.      Prawiro Kusumo wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.
7.      Richard Cantilon wirausaha adalah seorang yang mampu memindahkan atau mengkonversikan sumber-sumber daya ekonomis dan tingkat produktivitas rendah ketingkat produktivitas lebih tinggi. ( http://carapedia.com)
Dari beberapa uraian diatas dapat kita ketahui bahwa seorang wirausaha adalah seorang yang penuh dengan kreatifitas untuk membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain dan selalu berinovasi untuk kemajuan usahanya.seorang wirausaha juga harus pandai dalam mencari dan memanfaatkan  peluang yang ada,sehingga dapat bersaing dengan yang lain.Selain itu seorang wirausaha tetap fokus dengan gagasan yang dimiliki untuk merealisasikan secara nyata dan optimis,selalu berorientasi pada tugas dan hasil.
Karakterisitik yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha harus siap mengambil resiko baik resiko kegagalan ataupun kesuksesan dan berjiwa pemimpin,karena dia sendiri yang akan memimpin jalannya usaha.(Ahmad Tasingun barokah/12.1B.14/12120833)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar