Rabu, 14 November 2012

DATA DAN INFORMASI


DATA DAN INFORMASI

Apakah yang dimaksud dengan data?
- Kata “data” berasal dari bahasa Yunani “datum” yang berarti fakta, dan di dalam kamus bahasa Inggris ditulis dengan “data”.
- Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”.
- Data itu adalah kumpulan – kumpulan dari fakta yang belum diolah.
- Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.
Lalu apa itu informasi?
- Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sesuatu baik berupa barang atau kata - kata yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang.
- Informasi merupakan kumpulan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima.
Apakah perbedaan data dan informasi?
-Data adalah berita yang dijamin keakuratannya karena didukung oleh sumber yang terpercaya dan dapat di lacak kebenarannya (sumbernya jelas). Biasanya, data sudah dikemas dalam bentuk berkas ( berkas tidak selalu berupa kertas namun juga dapat berupa file komputer atau sebagainya).

-Informasi cenderung diartikan sebagai berita yang keakuratannya tidak kuat. Karena informasi biasanya tidak didukung dengan berkas yang menggambarkan situasi berita tersebut. Walaupun demikian, informasi juga dapat digunakan sebagai pendukung pengambilan keputusan.
Bagaimana implementasi atau contoh dari data & informasi?
- Hubungan data dan informasi bisa diimplementasikan dalam bentuk apa saja tergantung kita menganalogikan dan mengartikannya.
- Kumpulan data bisa menghasilkan suatu informasi. Kita dapat mengimplementasikannya ke dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pasti kalian belum terbayang bagaimana dan apakah hubungannya KTP dengan data dan informasi? Bagi kalian yang sudah memiliki KTP, pasti kalian melihat ada nama, alamat, pekerjaan, golongan darah, dan lain – lain, nah unsur – unsur tersebut adalah Data karena masih berupa fakta dan belum diolah. Data – data tersebut diolah dan disusun sedemikian rupa serta dikemas dalam bentuk suatu kartu yang disebut Kartu Tanda Penduduk yang menginformasikan tentang data identitas diri seseorang, KTP tersebut adalah Informasi.
 (DEVI SEPTIARINI/12.3D.24/12114673)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar