Rabu, 21 November 2012

ELEMEN-ELEMEN DAN KARAKTERISTIK SISTEM

A. ELEMEN SISTEM 
     Elemen sistem adalah bagian terkecil sistem yang dapat didefinisikan. JIka suatu sistem cukup besar yang terdiri dari sub sistem-sub sistem, maka elemen sistem terdapat pada tingkatan yang paling rendah yang dapat dikategorikan sebagai individu.
Sistem informasi terdiri dari:
1. Orang
    Orang atau personil yang dimaksudkan yaitu operator komputer, analis sistem, programmer, data entry dan manager sistem informasi/ EDP
2. Prosedur
    Prosedur adalah tata cara kerja atau cara menjalankan suatu pekerjaan. Prosedur merupakan elemen fisik, karena prosedur disediakan dalam betuk fisik seperti buku panduan dan instruksi.
3. Perangkat Keras (Hardware)
    Perangkat keras adalah komponen dari sebuah komputer yang berbentuk fisik, yang berfungsi untuk mendukung prosas komputerisasi. Perangkat Keras bagi suatu sistem informasi terdiri atas komputer (pusat pengolahan unit masukan & keluaran), peralatan penyiapan data, dan terminal masukan & keluaran.
4. Perangkat Lunak (Software) 
    Perangkat lunak adalah sekumpula data elektronik, yg disimpan dan diatur oleh komputer. Perangkat lunak dalam sistem informasi dapat dibagi dalam 3 jenis utama :
a. Sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistem manajemen data yang memungkinkan pengoperasian sistem komputer.
b. Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan.
c. Aplikasi pernagkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifik dibuat untuk setiap aplikasi.

5. Basis Data 
Basis Data adalah file yang berisi program dan data dibuktikan dengan adanya media penyimpanan secara fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. File juga meliputi keluaran tercetak dan catatan lain diatas kertas, mikro film, dan lain sebagainya.
6. Jaringan Komputer
   Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data. 
7. Komunikasi Data
   Komunikasi data merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data.

B. KARAKTERISTIK SISTEM 
1. Komponen (Componen)
   Merupakan suatu sistem yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang saling berinteraksi yang artinya saling bekerja sama untuk membentuk suatu kesatuan komponen atau elemen sistem yang dapat berupa satu sub sistem atau bagian dari sistem.
2. Batasan (Boundary)
    Merupakan batasan daerah yang membatasi antara sub sistem yang lain atau dengan lingkaran luarnya. 
3. Lingkungan Luar (Environment)

    Bahwa lingkaran luar (environment) dari suatu sistem adalah hal apapun diluar batasan dari sistem yang mempunyai operasi.  
4. Penghubung (Interface)
    Merupakan suatu media penghubung antara satu sub sistem dengan sub sistem yang lain. Dengan melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya mengalir dari sub sistem. 
5. Masukan (Input)
    Adalah suatu energi yang dibutuhkan kedalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). 
6. Proses (Proccess)
    Suatu sistem yang dapat mempunyai bagian pemrosesan/ pengolahan yang akan merubah masukan menjadi keluaran yang diinginkan.
7. Keluaran (Output)
    Merupakan suatu hasil yang terdapat dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna.   
8. Tujuan (Goal)
    Suatu sistem yang mempunyai tujuan dan sasaran. Jika suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. 

( RAHMAT SUNARDI / 12119746 / 12.3D. 24 ) 
    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar