Selasa, 27 November 2012

TUGAS AKHIR SEMESTER(ARSITEKTUR INFORMASI)



ARSITEKTUR INFORMASI
Definisi
Arsitektur Informasi adalah suatu pemetaan atau rencana kebutuhan-kebutuhan informasi di dalam suatu organisasi. Adapun juga yang menyebutkan bahwa Arsitektur Informasi adalah Seni menggambarkan suatu model atau konsep informasi yang digunakan dalam aktivitas-aktivitas yang membutuhkan detail eksplesit dari suatu system kompleks.Contohn aktivitas tersebut adalah system pustaka pemrograman ,system manajemen isi,pengembangan web interaksi pengguna,pengembangan basis data,pemograman,penulisan teknis,arsitektur perusahaan,dan desain perangkat lunak system kritis.Istilah ini pertama kali dikenal pada tahun 1975 oleh Richard saul Wurman.
Arsitektur merupakan fondasi utama dalam mendesain sebuah situs web yang bagus.AI juga merupakan  blueprint situs dimana aspek-aspek seperti form,fungsi,methapor,navigasi dan interface,interaksi dan desain visual terintegrasi dalam satu kesatuan di dalam situs yang akan di bangun.
Gambar berikut merupakan contoh dari potongan dari sebuah web structure .
Dari sebuah web structure dapat terlihat halaman apa saja yang berhubungan dan fungsi apa saja yang saling berkolerasi.
Perancangan Arsitektur Informasi
Dalam perancangan arsitektur informasi , keseluruhan data dapat di ambil kesimpulan bahwa instansi saat ini jika di pandang dari maturity level organisasi berada pada level dan dimensi ke-2,hasil analisis yang didapat tersebut maka pada tahap perancangan arsitektur informasi ini dirancang sebuah arsitektur informasi untuk kebutuhan integrasi system,dengan harapan dimasa mendatang instansi akan berada pada level ke-3.Untuk tujuan ini,ditempatkan kelas data dalam sebuah matriks yang berlawanan dengan proses bisnis,sebuah masukan huruf-huruf C(Creat) dan U(Used) untuk menunjukan proses yang menciptakan data dan yang menggunakannya.
Mengapa Arsitektur Sangat Penting ? Alasannya :
-Biaya menemukan informasi
-Biaya tidak menemukan informasi
-Nilai Pendidikan
-Biaya Konstruksi
-BiayaPemeliharaan
-Biaya Pelatihan
-Nilai merek
Komponen Utama Arsitektur Informasi
1.Organisasi Informasi
Organisasi Informasi membahas cara mengelompokan informasi.Pengelompokan Informasi juga disebut taksonomi dan hirarki.Sistem Organisasi membicarakan 2 hal : skema dan organisasi informasi.
2.Sistem Pelabelan
Sistem Pelabelan adalah cara bagaimana suatu istilah yang digunakan bisa dengan tepat mewakili suatu sekelompok informasi/konsep (how to represent information).
3.Sistem Navigasi
Sistem Navigasi membahas bagaimana membimbing pemakai web berpindah-pindah dari informasi satu ke  yang lain tanpa kehilangan orientasi.
4.Sistem Pencarian
Sistem Pencarian membahas pencarian melalui mesin pencari.Yang dipelajari anatara lain:antarmuka pencarian,Query Language,algoritma temu kembali (retrevil algorithms),zona pencarian,dan bagaimana mendesain antarmuka (interface).

                                                                          FERTY ASTRISA.W/18113785/12.3E.14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar