Senin, 10 Juni 2013

Mengenali Pasar Dan Demografi Eko Purwanto



Eko Purwanto
NIM : 10520077

Mengenali Pasar Dan Demografi
Faktor demografi adalah salah satu dari sekian banyak faktor eksternal dari lingkungan pemasaran. Tren Demografi yang terbentuk sangat andal digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan jangka pendek dan menengah. Ada masalah bagi perusahaan yang tiba-tiba terkejut karena perkembangan demografi. kekuatan demografi utama yang selalu dipantau Marketer adalah populasi, Karena orang membentuk pasar. Para marketer benar-benar tertarik pada besarnya jumlah penduduk dan angka pertumbuhan penduduk di kota, bauran umur populasi, etnis dan pasar lain, kelompok pendidikan, pola rumah tangga, pergeseran geografis dan populasi.
Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian, dan migrasi. Demografi meliputi studi ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta bagaimana faktor-faktor ini berubah. peluang apa saja yang dapat dimasuki dan ancaman apa saja yang harus di waspadai oleh marketer dan perusahaan.
Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threats) Faktor Demografi
1.      Pertumbuhan populasi dunia
Ø  Peluang (Opportunities)
-          Dengan adanya pertumbuhan penduduk maka akan bertambah pula kebutuhan akan barang dan jasa untuk mendukung kebutuhan hidup, maka perusahaan akan memproduksi lebih banyak barang konsumsi seperti makanan cepat saji yang harganya terjangkau. Hal ini dapat dilihat dengan pesatnya pertumbuhan gerai-gerai makanan cepat saji di setiap pusat ibukota sehingga gerai yang bersifat franchise ini cocok di kembangkan di daerah lain yang memiliki jumlah penduduk banyak.

Ø  Ancaman (Threats) Faktor Demografi
-          Terbatasnya sumber daya bumi yang tersedia untuk mendukung kehidupan populasi dunia yang meningkat pesat. Terutama sumber daya yang tidak dapat dipengaruhi seperti migas.
-          Bertambahnya polusi karena semakin banyak jumlah populasi yang melakukan konsumsi terhadap barang yang menghasilkan polusi seperti pembelian kendaraan.
-          Meningkatnya populasi akan berdampak pada jumlah angka dan tingkat pengangguran, sehingga daya beli masyarakat yang rendah menjadi masalah bagi perekonomian suatu negara.Tingginya tingkat pengangguran sebagai dampak pertumbuhan populasi dunia akan meningkatkan rasio kriminalitas dan dapat mengancam keamanan perusahaan

2.      Bauran umur populasi
Ø  Peluang (Opportunities)
Ø  Ada celah baru untuk melakukan penetrasi pasar terhadap segmen tertentu seperti segmen balita antara umur 1-6 tahun (usia prasekolah). Jika marketer jeli maka bisa mengembangkan bisnis pakaian anak-anak dengan memanfaatkan bauran umur anak-anak yang selalu berubah setiap waktu sehingga selalu membutuhan produk baru setiap anak-anak memasuki fase umur tertentu

Ø  Ancaman (Threats) Faktor Demografi
Ø  Untukindustri show business yang membidik remaja dengan rentang usia 20-40 tahun, maka yang menajdi ancaman adalah warning travelling yang ditetapkan pada suatu negara. Warning travelling menjadi ancaman apabila promotor acara berencana untuk mendatangkan aktris dai luar negeri (Asing). Sehingga dengan adanya peringatan ini maka bukan tidak mungkin sebuah acara yang nantinya akan dipenuhi remaja seperti konser Justin Bieber akan di tunda. Apabila acara besar seperti ini di tunda, maka akan sangat besar kerugian yang akan dialami promotor acara.

3.      Etnis dan pasar lain
Ø  Peluang (Opportunities)
-          Adanya keseragaman bangsa, ras, dan etnis dalam suatu wilayah, maka akan mempermudah marketer untuk melakukan riset dan penetrasi pasar. Sehingga kebutuhan dan kebiasaan belanja suatu bangsa akan dapat di generalisir sehingga perusahaan akan mampu mengarahkan produk & promosi mereka pada satu atau lebih kelompok tersebut.

Ø  Ancaman (Threats) Faktor Demografi
-          Dengan adanya percampuran bangsa & etnis pada suatu wilayah akan membuat marketer susah untuk menentukan segmen mana yang akan dimasuki. karena adanya ancaman berupa keberagaman bangsa dan etnis membuat marketer harus berupaya keras untuk menggeneralisir budaya dari suatu tepat. Hal ini bisa saja menjadi sangat susah atau bahkan mustahil.

4.      Kelompok pendidikan
Ø  Peluang (Opportunities
-          Perusahaan yang menyadari bahwa keberhasilan perusahaan dalam mencapai keuntungan tidak hanya di ukur dari aspek penjualan, tetapi lebih disebabkan oleh kemampua SDM yang berkualitas, sehingga perusahaan yang jeli akan meningkatkan kemampuan karyawannya dengan cara menyekolahkan atau melakukan pelatihan sebagai bentuk investasi ang nantinya akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan. Bisnis yang cocok untuk mengisi peluang ini adalah pelayanan jasa pengembangan karir dan motivasi bagi karyawan yang biasa dilakukan oleh para motivator.

Ø  Ancaman (Threats) Faktor Demografi
-          Karyawan yang berkompeten akan selalu berkembang seiring perkembangan karirnya. Hal ini akan membuat karyawan akan selalu berusaha untuk meningkatkan hasil yang ingin di gapainya dan mengaktualisasikan diri dengan cara menjadi kutu loncat (pindah-pindah tempat kerja), sehingga tingkatturnover pada karyawan berprestasi akan menyusahkan perusahaan.

5.      Pola rumah tangga
Ø  Peluang (Opportunities
-          Marketer dapat melihat dan membidik ibu rumah tangga sebagai pengambil keputusan pembelian barang kebutuhan rumah tangga karena marketer melihat peluang dari sisi Eastern oriented dimana peran ibu sangat dominan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Dengan adanya keadaan seperti ini, maka marketer memiliki peluang untuk memasarkan lebih banyak produk yang bersinggungan langsung dengan kebutuhan sehari-hari.

Ø  Ancaman (Threats) Faktor Demografi
-          Kebanyakan ibu rumah tangga sangat peka akan perubahan harga, sehingga preferensi terhadap suatu produk biasanya hanya didasarkankan pada harga dan mutu produk. Apabila terjadi perubahan harga sebesar X, maka akan berdampak pada keputusan belanja keluarga sebesar Y yang diatur oleh ibu rumah tangga. Dalam hal ini, perubahan harga yang dilakukan kompetitor menjadi ancaman bagi preferensi konsumsi rumah tangga.

6.      Pergeseran geografis dalam populasi 
Ø  Peluang (Opportunities
-          Perpindahan penduduk dari desa ke kota akan menimbulkan persepsi baru dalam hal kebiasaan belanja. Sehingga kebutuhan seseorang di kota akan meningkat dan berbeda jauh bila dibandingkan dengan kebutuhan di desa. Hal ini menjadi kesempatan bagi marketer untuk menggaet konsumen potensial dari sejumlah populasi yang baru saja mengenal kehidupan kota

Ø  Ancaman (Threats) Faktor Demografi
-          Perpindahan penduduk dari kota ke desa akan menimbulkan perbedaan preferensi akan kebutuhan barang dan jasa. Sehingga tingkat konsumerisme konsumen yang pindah dari kota ke desa akan menurun.
-          Transmigrasi secara besar-besaran akan menyebabkan berkurangnya populasi konsumen yang terbiasa melakukan kegiatan konsumsi barang atau jasa. Hal ini ini bisa berdampak pada industri hiburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar